EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM PEMINATAN BAHASA DAN BUDAYA DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI

Monica Desy Rositha

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi penyelenggaraan program Peminatan Bahasa dan Budaya di SMA Negeri 2 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi model CIPP. Analisis data menggunakan kondensasi data, sajian data, dan gambaran dan verifikasi simpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konteks ditinjau dari tujuan sekolah, tujuan program, dan kurikulum peminatan telah memenuhi 3 dari 5 kriteria keberhasilan, 2) masukan ditinjau dari proses PPDB, penempatan peserta didik, ketersediaan tenaga pendidik dan fasilitas penunjang pembelajaran telah memenuhi 4 dari 5 kriteria keberhasilan, 3) proses ditinjau dari kesesuaian peminatan, kesesuaian program pembelajaran, serta pemanfaatan fasilitas penunjang pembelajaran telah memenuhi seluruh kriteria keberhasilan, 4) produk ditinjau dari capaian hasil pembelajaran siswa, prestasi siswa, serta relevansi rencana masa depan peserta didik dengan peminatan telah memenuhi 2 dari 4 kriteria keberhasilan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.