PENANAMAN NILAI KEBERAGAMAN DI SD TUMBUH 1 YPGYAKARTA

Yeni Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penanaman nilai-nilai keberagaman yang diterapkan di SD Tumbuh 1 Yogyakarta, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan di SD Tumbuh 1 Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Tumbuh 1 Edukator SD Tumbuh 1. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles, Huberman & Saldana.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan multikultural di SD Tumbuh 1 Yogyakarta berasal dari keberagaman latar belakang siswa baik secara sosial maupun budaya. Proses penanaman keberagaman dari edukator dan warga sekolah sebagai implikasi nilai-nilai keberagaman seperti toleransi, tolong menolong, dan menghargai sesama. Acuan yang digunakan sekolah adalah visi misi sekolah itu sendiri. dilakukan melalui beberapa strategi pembelajaran, diantaranya diskusi bersama membahas masalah tertentu yang dapat dilakukan pada morning dan day carpet, minitrip, serta pentas budaya atau perayaan hari besar keagamaan. Sarana pendukung yang digunakan berbentuk video, gambar, buku bacaan, CD bertemakan pendidikan multikultural, dan karya siswa sebagai media pembelajaran seperti album diversity, diversity corner, wayang. Faktor pendukung pendidikan multikultural yaitu lingkungan sekolah yang beragam membuat siswa melihat langsung keberagaman yang ada di sekitar mereka, selain itu kebijakan sekolah yang mendukung terlaksananya kegiatan bertemakan keberagaman dijadikan kegiatan sekolah. Faktor penghambat penanaman nilai-nilai keberagaman yang muncul diantaranya,pemantapan strategi pembelajaran pendidikan multikultural bagi edukator belum dilakukan secara maksimal. Lingkungan luar sekolah amak yang belum menyadari arti penting pendidikan multikultural.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.