MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA DI SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN

Sevita Dwi Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program Sekolah Siaga Bencana (SSB) di SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program SSB. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan guru di SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program SSB di SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman meliputi kegiatan  penetapan tujuan, perencanaan kurikulum, perencanaan personil/tenaga ahli, perencanaan sarana dan prasarana, dan perencanaan anggaran. Program SSB di SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman dibentuk oleh BPBD Kabupaten Sleman pada tahun 2017, (2) Pelaksanaan program SSB yaitu untuk manajemen risiko bencana. Pelaksanaan program SSB meliputi pengorganisasian, koordinasi, bentuk kegiatan pelaksanaan program, keterlibatan stakeholder, pemahaman masyarakat dalam pelaksanaan program serta presepsi siswa menurut guru dalam pelaksanaan program, dan (3) Kegiatan evaluasi program SSB hanya terbatas pada manajerial belum sampai dampak dari diberlakukannya program.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.