PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN SEMSESTER MELALUI TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS PADA SISWA KELAS X DI SMA N 1 PLERET

Hadiya Risyadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan tingkat kecemasan siswa kelas X dalam menghadapi Ujian Semester di SMA N 1 Pleret melalui teknik desensitisasi sistematis. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dengan teknik pengumpulan data kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah lima siswa kelas X. 1 SMA N 1 Pleret dengan kategori kecemasan tinggi. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Skala Kecemasan. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement, sedangkan uji skala reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien 0,908. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah; 1) kecemasan siswa dapat diturunkan melalui teknik desensitisasi sistematis, hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata pada kategori tinggi menjadi kategori rendah pada post-test. 2) Proses menurunkan kecemasan melalui teknik desensitisasi sistematis yaitu dengan mengidentifikasi kondisi yang menyebabkan kecemasan, kemudian mengubahnya dengan kondisi yang nyaman melalui relaksasi dengan proses berulang-ulang, sehingga membuat rasa cemas perlahan menurun bahkan sampai tidak mengalami kecemasan lagi.

Kata kunci: kecemasan, ujian semester, desensitisasi sistematis

Abstract

The objective of this research is to descend the students’ anxiety level of the 10th grade students in SMA N 1 Pleret to face the final exam through the desensitization systematic technique. The researcher used an action research method and quantitative approach in collecting the data. The subject of this study was five students at class X with high anxiety level. The data of study was obtained by using Anxiety Scale. The validity of the instrument was tested using expert judgment, whereas the scale reliability was tested using Alpha Cronbach formula the coefficient were obtained was 0,908. The data was analysed using squantitative descriptive technique. The results of this study were; 1) The students’ anxiety could be reduced through systematic desensitization technique, it was proved by the dec of the anxiety decadened of the anxiety level from high level at pre test to low level at psot test. 2) The Process of decanding of anxiety level through desenzitization systematic tecjnique were throught some step as follows; (a) Idebtied the couses of anxiety, (b) changed the condition that caused the anxiety to the more confortable condition through relaxtion up to the anxiety level reached low level.

Keywords: anxiety, the final exam, desensitization systematic

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.