PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DAN DAMPAK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2013

Stevi Gilar Hervani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa pengguna sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prokrastinasi akademik pada pengguna sosial media studi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2013.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebesar 360 mahasiswa. Alat pengumpulan data berupa skala prokrastinasi akademik dan angket terbuka intensitas penggunaan sosial media. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgement sedangkan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,930 pada skala prokrastinasi akademik. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya sebanyak (45,7%) prokrastinasi mahasiswa berada pada kategori sedang. Indikator yang dominan dilakukan oleh mahasiswa adalah melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. Rata-rata mahasiswa memiliki lima akun sosial media yang aktif dengan intensitas penggunaan selama 4 jam per harinya, untuk sosial media yang paling diminati dan sering dikunjungi adalah Facebook dengan aktivitas yang paling sering dilakukan adalah Chatting. Mayoritas mahasiswa menyatakan bahwa keuntungan dari penggunaan sosial media adalah sebagai hiburan, namun sosial media juga menyebabkan kemalasan bagi para penggunanya. Berdasarkan uji inferensial, terdapat pengaruh antara variabel intesitas penggunaan sosial media dengan prokrastinasi akademik dengan nilai p (0,000) < 0,05. Dengan demikian, variabel perilaku prokrastinasi akademik dapat dipengaruhi oleh intensitas penggunaan sosial media.Terdapat sumbangan efektif variabel intensitas penggunaan sosial media terhadap perilaku prokrastinasi akademik sebesar 86,20%.

Kata kunci:  penggunaan sosial media, prokrastinasi akademik

Abstract

This research is motivated by the phenomenon of academic procrastination behavior performed by the students of social media users. This study aims to determine academic procrastination on social media users Yogyakarta State University students study class in 2013.

The research is a survey research. Subjects in this study were students of Yogyakarta State University class of 2013. The sampling technique using cluster random sampling with a sample size of 360 students. Data collection tools in the form of academic procrastination scale and open questionnaire intensity of use of social media. Test the validity of the instrument using content validity by expert judgment while reliability using Cronbach Alpha formula with the coefficient of 0.930 on a scale of academic procrastination. Data analysis was performed by descriptive and inferential statistics.

The results showed that in general as many (45.7%) procrastination students in middle category. Indicators of dominant performed by the students are doing the activity more enjoyable. The average student has five active social media accounts with the intensity of use for 4 hours per day, for the most desirable social media and frequently visited is up to the activity most frequently performed is Chat. The majority of the students stated that the advantages of the use of social media is as entertainment, social media, but also cause laziness for its users. Based on inferential test, there is influence between the variable intensity of the use of social media with academic procrastination with a p-value (0.000) <0.05. Thus, variable academic procrastination behavior can be influenced by the intensity of use of social media.Terdapat effective contribution of the variable intensity of the use of social media for academic procrastination behavior amounted to 86.20%.

Keywords: the use of social media, academic procrastination.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.