PENGEMBANGAN MODUL PEMAHAMAN DIRI REMAJA PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 PAKEM

Dita Yuliantika Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pemahaman diri remaja yang layak digunakan oleh siswa kelas VII SMPN 3 Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan strategi pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru bimbingan dan konseling. Hasil uji ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,214 dengan kategori baik dan layak untuk digunakan. Hasil uji ahli media diperoleh rata-rata skor 3,410 dengan kategori sangat baik dan dinyatakan telah layak untuk digunakan. Hasil uji guru bimbingan dan konseling SMPN 3 Pakem diperoleh rata-rata skor 3,077 dengan kategori baik dan dinyatakan telah layak untuk digunakan. Uji lapangan awal  yang dilakukan  oleh 4 siswa memperoleh skor rata-rata 3,56 dengan kategori sangat baik. Uji lapangan utama yang dilakukan oleh 8 siswa memperoleh skor rata-rata 3,221 dengan kategori baik. Uji lapangan operasional yang dilakukan oleh 32 siswa memperoleh skor rata-rata

3,55 dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: modul, pemahaman diri remaja

Abstract

This study aims to generate adolescence self-understanding module  fit for use by students of class VII 3 Pakem Junior High School. This study is a research and development with the development strategy proposed by Borg and Gall. Test validation is performed by materials experts, media specialists and teacher guidance and counseling. The test results matter experts, obtained an average score of 3,214 with good categories and has been declared fit for use. The result of media experts obtained an average score of 3,410 with very good category and otherwise been feasible for used. The result of guidance and counseling teacher at 3 Pakem Junior High School obtained an average score of 3.077 in good categories and has been declared fit for use. Initial field tests conducted by four students obtain an average score of 3.56 with a very good category. The main field test conducted by eight students obtain an average score of 3.221 in good categories. Operational field tests conducted by 32 students obtain an average score of 3.55 with a very good category.

Keywords: module, adolescence self understanding.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.