HUBUNGAN ANTARA GAME ONLINE COC DENGAN TINGKAT KREATIVITAS PADA SISWA SMP N 6 YOGYAKARTA

Christine Aristy

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan game online CoC dengan tingkat kreativitas pada siswa SMP N 6 Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan kuantitatif korelasi. Jumlah populasi sebanyak 710 orang kemudian diambil sampel penelitian sebanyak 238 orang, ditentukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan skala sikap, jumlah item valid pada variabel game online sebanyak 19 butir, dan 21 butir valid pada variabel kreativitas, hasil reliabilitas pada variabel game online yaitu 0,907 dan 0,888 pada variabel kreativitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment dari Karl Pearson dengan bantuan SPSS versi 24.00 for windows. Pada variabel game online CoC 51% siswa termasuk kategori “tinggi”. Variabel kreativitas sebesar 53% siswa termasuk kategori “tinggi”. Hasil uji hipotesis menunjukan hubungan yang positif dan antara game online dengan kreativitas dilihat dari nilai rhitung>nilai rtabel yaitu 0,387>0,113 dan nilai signifikansi 0,00<0,05.

 

Kata kunci: kreativitas, game online CoC.

 

Abstract

This research aims to know whether there are correlations of online CoC game with creativity of students at SMP N 6 Yogyakarta with quantitative correlation approach. Total population 710 of students, 238 as a sample using proportional stratified random sampling technique. Data was collected with the scale of behavior. Valid items in the online game variable is 19 items, and 21 valid items in the creativity variable. Reliability result of online game variable is 0,907 and 0,888 in the creativity variable. The requirements tests used normality test and linearity test. The hypothesis test used product moment correlation analysis technique by Karl Pearson using SPSS 24.00 for windows version. Online game variable 51% students belong in “high” category, and creativity variable 53% students belong in “high” category. Hypothesis test result shows positive link between online CoC game and creativity shown by the rcount>rtable value that is 0,387>0,113 with significance value 0,00<0,05.

 

Keywords: creativity, online CoC games.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.