TINGKAT PEMAHAMAN TERHADAP KONSEP DAN PRAKSIS ASESMEN PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

Ely Fauziyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap konsep dan praksis asesmen pada guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian dengan analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa tingkat pemahaman terhadap konsep dan praksis asesmen pada guru bimbingan dan konseling di sekolah menengah pertama negeri se-kabupaten Brebes adalah tergolong sedang yaitu 48%, hasil penelitian dengan analisis data kualitatif menunjukkan bahwa tingkat pemahaman terhadap konsep dan praksis asesmen pada guru bimbingan dan konseling di sekolah menengah pertama negeri se-kabupaten Brebes dalam kategori sedang dengan presentase 50%.

 

Kata kunci: pemahaman konsep dan praksis asesmen, guru bimbingan dan konseling

 

Abstract

               This study aimed to determine the level of understanding concept and practical assessment of the guidance and counseling teacher in state junior high school throughout regency Brebes. This study used survey research method with quantitative descriptive research type. The result with quantitative analysis data showed that the level of understanding concept and practical assessment of the guidance and counseling teacher in state junior high  school throughout the district Brebes is classified as moderate by percentage of 48%, the result with qualitative analysis data showed that the level of understanding concept and practical assessment of the guidance and counseling teacher in state junior high school throughout the district Brebes is classified as moderate by percentage of 50%.

 

Keyword: concept and practical assessment, guidance and counseling teacher


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.