EFEKTIVITAS SENAM OTAK DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 11 YOGYAKARTA

Muhammad Gunanggoro Priambodo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah senam otak efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar pada siswa kelas XI SMAN 11 Yogyakarta. Jenis Penelitian  ini  adalah penelitian  kuantitatif  metodenya  quasi experimen  dengan desain  nonequivalent control group design. Pada  penelitian  ini,  populasi  terdiri  dari  delapan  kelas  pada  kelas  11.  Sampel  ditentukan menggunakan  Quote Purposive Sampling dalam menentukan kelas sampelnya dan didapat kelas sampel yakni kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol jumlah sampel dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebanyak 21 siswa. Hasil  penelitian  yang diperoleh yaitu  senam otak mampu  menurunkan  kejenuhan  belajar  secara  signifikan,  yang dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon dengan nilai sig 0,013 ≤ 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig 0,016  ≤  0,05  sehingga  Ha  diterima  dan  Ho  ditolak  atau  senam otak efektif  dalam  menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa.

 

Kata kunci: senam otak, kejenuhan belajar         

Abstract

This study aims to identify whether brain gym is effective in reducing level of academic burnout in class XI student of SMAN 11 Yogyakarta. Type of this research is a quantitative research which the method is quasi experimental with nonequivalent control group design. In this study, the population consists of eight classes at a grade of 11. Samples were determined using the quote purposive sampling to determine the class sample  and obtained class sample are XI IPS 3 as the experimental class and XI IPA 2 as the control class, number of samples of each experimental class and control class that as many as 21 students. The results obtained are brain gym can reducing level of burnout significantly, which can be seen from the results of the Wilcoxon test with sig 0.013 ≤ 0.05. Hypothesis test results obtained sig 0.016 ≤ 0.05 so that Ha accepted and Ho rejected or brain gym is effective in reducing level of academic burnout.

 

Keywords: brain gym, academic burnout


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.