PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Nurul Hidayati

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu, skala keterampilan komunikasi interpersonal, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Subyek penelitian ini yaitu sepuluh siswa SMK Perindustrian Yogyakarta. Teknik sosiodrama yang dilakukan melalui tahapan mendiskusikan tema dan naskah drama, bermain drama yang hanya disaksikan oleh teman yang terlibat dalam sosiodrama, bermain drama yang disaksikan oleh para penonton luas dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata pra-tindakan 61,3, post tes I 109,9, pasca-tindakan II 134,1 pada siswa SMK Perindustrian Yogyakarta. Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil uji Wilcoxon, observasi, dan wawancara.
Kata kunci: keterampilan komunikasi interpersonal, sosiodrama.
Abstract
This research aims to improve interpersonal communication skills of SMK Perindustrians students in Yogyakarta. This study is an action research that is conducted in two cycles with Kemmis & McTaggart model. Data collecting techniques employs interpersonal communication skills scale, observation and interview. The respondents of this research are ten students of SMK Perindustrian Yogyakarta. The results shows that the sociodramas technique can increase interpersonal communication skills of SMK Perindustrians students in Yogyakarta. Sociodramas technique performed through the stages of discussing the theme and plays, dramatic play only witnessed by a friend who is involved in sociodrama, play drama witnessed by the audience who was not involved in sociodramas This is evidenced by a significant increase in the average score pretest 61.3, pasca-tindakan I 109.9, post-test II 134.1 on Industry, Yogyakarta vocational students. These results is also encouraged with Wilcoxon test result, observation, and interview.
Keywords: interpersonal communication skill, sosiodrama


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.