PENGARUH METODE QUIZ TEAM TERHADAP MINAT BACA SISWA IPS KELAS XI SMANEGERI 1 SEYEGAN

Dian Anggita Putri Anggita Putri

Abstract



Abstrak
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Quiz Team terhadap minat baca siswa IPS kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala minat baca dengan bentuk skala likert. Analisis data menggunakan uji normalitas model Lilliefors dan uji hipotesis menggunakan penghitungan SPSS 16 dengan independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa metode Quiz Team berpengaruh dalam meningkatkan minat baca siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Seyegan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga treatment, berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukan adanya perubahan. Dilihat hasil uji t test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada tingkat minat baca siswa melalui metode quiz team memberikan hasil t hitung = -3,326 dengan signifikansi p
= 0,002. Karena p (0,002) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat baca siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa metode Quiz Team
berpengaruh terhadap minat baca siswa yang ditunjukan dengan meningkatnya minat baca siswa kelas eksperimen.
Kata kunci: minat baca, metode quiz team
Abstract
This research aims to know the influence of method of Quiz Team against an interest read of students Social Class XI SMA Negeri 1 Seyegan. This research uses experimental research methods. The subject of this research is the grade XI students SMA Negeri 1 Seyegan which consists of 2 classes, experiments class amounted to 29 students and control class amounted to 26 students. Data analysis in this study uses the normality test of Lilliefors test model and the hypothesis test using SPSS 16 by independent sample t test. Based on the results of the study and discussion of the results obtained, that the method Quiz Team improving the reading interests of students of Social Class XI SMA Negeri 1 Seyegan. This activity is carried out in three treatment, based on the results of pre-test and post-test showed the presence of change. T test results seen between the experimental and the control group at the level of the reading interests of students through quiz team delivers results t calculate = -3.326 with significance p = 0.002. Because p (0.002) < 0.05 concluded that an increase in interest in the reading of the experiments. Based on those results, note that the method of Quiz Team influence to change the reading interest indicated by the growing of reading interest in experimental class students.
Keywords: reading interests, quiz team method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.