KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEADAAN EKONOMI KELUARGA DI SMA NEGERI 1 PAKEM TAHUN AJARAN 2014/2015

Arifa Nisrina Ayuni

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kematangan karir siswa kelas XI yang ditinjau dari
tingkat pendidikan orang tua dan keadaan ekonomi keluarga di SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto (kausal komparatif).
Subjek penelitian ini berjumlah 90 siswa yang ditentukan dengan proportionale stratified random sampling.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji Anova dua arah dan untuk melihat
gambaran kematangan karir, tingkat pendidikan serta keadaan ekonomi keluarga menggunakan
statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan pada kematangan
karir siswa kelas XI ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua dan keadaan ekonomi keluarga di SMA Negeri 1
Pakem Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil perhitungan Two Way Anova yaitu 0,137 yang berarti nilai p-value<alpha
atau sama dengan>0,05 maka gagal terima hipotesis. Pada hasil presentase kematangan karir siswa yang ditinjau
dari tingkat pendidikan orang tua, frekuensi dominan terletak pada siswa dengan kematangan karir sedang berasal
dari tingkat pendidikan orang tua yang tinggi dan pada presentase kematangan karir yang ditinjau dari keadaan
ekonomi keluarga, frekuensi dominan terletak pada siswa dengan kematangan karir sedang berasal dari keluarga
dengan keadaan ekonomi menengah.
Kata kunci:kematangan karir, tingkat pendidikan orang tua dan ekonomi keluarga.
Abstract
This research to determine differences in career maturity XI class students who in terms of the level of
parents' education and family economic situation in Senior High School 1 Pakem Academic Year 2014/2015. The
approach used was quantitative with the type of comparative research. Subject amounted to 90 students with
proportionale stratified random sampling. The data analysis technique used is the two way anova and to see of
career maturity, level of education and family economic circumstances using descriptive statistics. Results of the
data , the processing of the data showed a significant value 0.137 significant p-value <alpha or equal to> 0.05
then failed to accept it. On the results of the percentage of career maturity of students in terms of educational level
of parents, dominant frequency lies in students with career maturity was derived from the level of parental
education are high and the percentage of career maturity were evaluated from family economic circumstances,
dominant frequency lies in students with maturity career were from families with medium economic circumstances.
Keywords: career maturity, the level of parents' education and family income.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.