HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA REGULER TERHADAP SISWA ABK DI KELAS INKLUSIF (SMP N 2 SEWON)

Nunung Irawati

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dengan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa ABK di kelas inklusif (SMP N 2 Sewon). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa reguler di kelas inklusif jenjang kelas VII dan VIII SMP N 2 Sewon yang berjumlah 81 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala empati dan skala penerimaan sosial. Uji validitas menggunakan expert jugdement dan Product Moment dari Pearson’s, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,911 pada skala empati dan 0,910 pada skala penerimaan sosial. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara empati dengan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa ABK di kelas inklusif (SMP N 2 Sewon) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,689 dan p=000 (p≤0,05). Besarnya koefisien bernilai positif, artinya semakin tinggi empati siswa reguler, semakin tinggi pula penerimaan sosialnya terhadap siswa ABK, dan sebaliknya. Sumbangan efektif empati terhadap penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa ABK di kelas inklusif (SMP N 2 Sewon) sebesar 47,5%, sedangkan sumbangan sebesar 52,5% berasal dari faktor lain.
Kata Kunci: empati, penerimaan Sosial
Abstract
This study aims to determine the relationship between empathy with social acceptance of regular student toward student with special needs in the inclusive class (SMP N 2 Sewon). This study uses a quantitative approach to the type of correlation. Subject in this study were regular student in inclusive class grade VII and VIII SMP N Sewon which consisted of 81 student. Sampling technique in this research is propotional random sampling technique. Data scale collection devices are empathy and social acceptance scale. The validity test of the instrument is using expert judgement and Pearson's Product Moment, while reliability using Alpha Cronbach coefficient of 0,911 on the value of empathy scale and 0,910 on social acceptance. The data analysis used Pearson's Product Moment Correlation technique. The result of the study indicates that there is a positive relationship between empathy with social acceptance of regular student toward student with special needs in the inclusive class (SMP N 2 Sewon) with the correlation coefficient of 0,689 and p=000 (p≤0,05). The magnitude of the correlation coefficient is positive, meaning that the higher the level of empathy of the regular student then, the higher level of social acceptance it gets, and the other way. Effective contribution to the empathy toward social acceptance of regular student toward student with special needs in the inclusive class (SMP N 2 Sewon) by 47,5%, while 52,5% are from others.
Keyword: empathy, social acceptance


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.