STUDI KASUS PERILAKU AGRESIF REMAJA DI PONDOK PESANTREN

Elvia Netrasari

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, faktor penyebab dan dampak dari perilaku agresif yang
dilakukan santri di ponpes. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Pemilihan
subjek berdasarkan dengan pertimbangan yaitu merupakan santri berusia remaja, tinggal di asrama ponpes dan
mempunyai kecenderungan berperilaku agresif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data,
triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian pada ketiga subjek dapat diketahui: (1) Faktor
penyebab (antecendent) internal dan eksternal, ketiga subjek memiliki faktor penyebab berdasarkan latar belakang
keluarga. (2) Identifikasi bentuk (behavior) perilaku agresif meliputi bentuk verbal dan non verbal dengan
frekuensi sering dan intensitas berat. (3) Dampak (consequence) setelah melakukan perilaku agresif meliputi
dampak bagi diri sendiri dan lingkungan. Ketiga subjek memiliki dampak bagi diri sendiri yang sama yaitu
kepuasan pribadi dan dampak kepada lingkungan tiap subjek berbeda-beda.
Kata kunci: perilaku agresif, santri, remaja.
Abstract
This study aims to determine the form, the causes and effects of aggressive behavior committed student in
boarding school. The approach in this study is a qualitative case study types. Selection of subjects based on the
consideration that the student are teenagers, living in boarding school dormitory and have a tendency to behave
aggressively. The method used to collect data were observation, interviews, and documentation. The method used
to analyze the data is data reduction, data presentation, and conclusion. To test the validity of the data using
triangulation data, triangulation methods, and triangulation of sources. Research results on the three subjects can
be known: (1) Cause factor (antecendent) internal and external, third subject have a cause factor based on the
background of the family. (2) Identification of the shape (behavior) aggressive behavior includes verbal and non
verbal forms with frequent and heavy intensity. (3) Impact (consequence) after making aggressive behavior
includes impact for themselves and the environment. The third subject have ramifications for yourself the same
personal satisfaction and impact to the environment each subject varies.
Keywords: aggressive behavior, student, teenagers.
PENDAHULUAN
Pondok pesantren sebagai lembaga
pendidikan agama

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.