TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP BULLYING PADA SISWA KELAS IX SM

Elianor Charlos D.S

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman bullying pada siswa kelas IX SMP di Cilacap berdasarkan aspek terjemahan, pemaknaan, dan ekstrapolasi. Penelitian merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IX SMP di Cilacap yang berjumlah 70 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan modifikasi skala likert. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman bullying pada siswa kelas IX SMP di Cilacap termasuk dalam kategori kurang. Hal ini dapat dibuktikan bahwa sebagain besar siswa memperoleh skor antara 80,6 sampai 103,5 dengan persentase sebesar 65,7% dan perolehan mean keseluruhan siswa adalah 94,00. Pada aspek terjemahan sebagian besar siswa memperoleh skor 28 sampai dengan 36, dengan persentase sebesar 58,6% siswa masuk dalam kategori kurang paham. Pada aspek pemaknaan sebagian besar siswa masuk dalam dua kategori yang mempunyai skor sama yaitu, kurang paham dan tidak paham masing-masing sebesar 44,3%, sehingga jumlah skor keduanya adalah 88,6% yang dapat diartikan bahwa tingkat pemaknaan adalah kurang paham. Pada aspek ekstrapolasi sebagian besar siswa memperoleh skor antara 24,5 sampai dengan 31,5 sebesar 54,3%.
Kata kunci: kematangan emosi, penerimaan sosial
Abstract
This research aims to undersatnding the comrehension of bullying to grade IX junior high school students of SMP in Cilacap based on translation, definition, extrapolation aspect. This research type is a descriptive quantitative. The sample of the research is grade IX junior high school students of SMP in Cilacap with 70 students. The sample collection with proportional random sampling technique. The data colection instrument using custom questionnaires likert scale. Data analysis with the descriptive quantitative. The result of the research showed that the understanding of bullying level for grade IX junior high school students of SMP in Cilacap is low. This can be proved that almost all the students got score 80,6 to 103,5 with precentage65,7% and mean whole students is 94,00. At the translation aspect most of the students got score 28 to 36, with precentage 58,6% students include the low understanding category. At thedefinition aspect most of the students include in two category that have the same score, low undertanding and not understanding, each of them is 44,3%, so that the amount of both score is 88,6% which mean that the level of definition is low understanding. At the extrapolation aspect most of the students got score 24,5 to 31,5 with precentage 54,3%.
Keyword : emotional maturity, social acceptance


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.