PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MARAH MELALUI TEKNIK ANGER MANAGEMENT PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Nova Farid Hudaya

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah pada siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Moyudan melalui teknik anger management. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala kemampuan mengelola emosi marah, observasi dan wawancara, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala kemampuan mengelola emosi marah, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik anger management dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas X TKJ SMK Muhammaddiyah 1 Moyudan. Peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan hasil skor skala kemampuan mengelola emosi marah sebesar 15,83 dengan presentase 19 % dan rata-rata skor pre test 101, 38 dan post test 117,22. Hasil tersebut diperkuat dengan wawancara dan observasi yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengelola emosi marah, seperti siswa mampu mengekspresikan emosi marahnya secara tepat, tidak memendam emosi marah secara terus menerus, mampu merefleksikan diri, dan mampu meredakan emosi marah Selain itu, siswa memiliki motivasi untuk berubah dalam mengungkapkan emosi marah ke hal-hal yang lebih baik lagi.
Kata kunci : kemampuan mengelola emosi marah, anger management
Abstract
This study aims to improve the ability to manage angry emotions on students grade X TKJ at SMK Muhammaddiyah 1 Moyudan through anger management techniques. This research is an action research with subjects were 18 students. Data collection methods used are the ability to manage angry emotions questionnaire, observations and interviews, and the instrument used are the ability to manage anger emotion scale, the observation and interview guides. The data analysis technique used is the technique of quantitative analysis using the percentage. The results showed that the anger management techniques can improve the ability to manage angry emotions on students grade X TKJ SMK Muhammaddiyah 1
Moyudan. The significant improvement evidenced by the score of scale and the ability to manage angry emotions is 15,83 with precentage 19% and average pre-test score of 101, 38 and post test 117.22. These results are reinforced by interviews and observations that indicate an increased ability to manage angry emotions, such as anger students are able to express emotions appropriately, not angry emotions harbored continually, able to reflect on themselves and to relieve emotional upset addition, students have the motivation to change expressing of anger emotion to the better things.
Keywords : ability to manage angry emotions, anger management


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.