PENGELOLAAN DIRI MAHASISWA BIDIKMISI ANGKATAN 2011 DALAM TUNTUTAN AKADEMIK PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Retno Triantoro

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan diri mahasiswa Bidikmisi dalam tuntutan akademik yang terdiri dari 4 aspek yaitu: 1) pendorongan diri, 2) penyusunan diri, 3) pengendalian diri, dan 4) pengembangan diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 mahasiswa Bidikmisi dengan kriteria 1) Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2011 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2) mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi yang bersedia menjadi subjek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dukumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terhadap 3 mahasiswa Bidikmisi Prodi Bimbingan dan Konseling Faklutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2011 menunjukkan bahwa pengelolaan diri mahasiswa dalam tuntutan akademiknya tergolong cukup baik. Hal ini ditunjukkan dari keempat aspek yang terdapat pada pengelolaan diri tiga diantaranya dilakukan dengan baik yaitu aspek pendorongan diri, pengendalian diri dan pengembangan diri, sedangkan aspek penyusunan diri kurang dapat dikelola dengan baik. Hal ini dapat dijelaskan dari beberapa aspek sebagai berikut: 1) pendorongan diri, ketiga informan berkeinginan untuk berhasil dan dapat meraih apa yang menjadi cita-citanya, 2) penyusunan diri, dua dari tiga informan kadang-kadang hadir dalam perkuliahan sebelum waktu perkuliahan dimulai, 3) pengendalian diri, ketiga informan menyusun tempat belajar agar nyaman dalam belajar, berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan belajar yang tidak dapat diselesaikan sendiri, menyelesaikan tugas dengan tuntas dan mencari informasi untuk menambah pengetahuan, 4) pengembangan diri, ketiga informan mengikuti paduan suara, catur, melakukan kegiatan belajar kelompok.
Kata kunci : pengelolaan diri, mahasiswa Bidikmisi, tuntutan akademik
Abstract
This research was conducted with the aim to describe how self-management Bidikmisi students in academic demands adjustment consists of four aspects: 1) the encouragement of self, 2) the preparation of self, 3) self-control, and 4) the development of self. This study used a qualitative descriptive method approach. Subjects in this study were three students Bidikmisi with criteria 1) Students Bidikmisi class of 2011 Prodi Guidance and Counseling Faculty of Education, State University of Yogyakarta, 2) scholarship recipients bidikmisi who are willing to be the subject of research. Methods of data collection in this study using interviews, observation, and and document. The instrument used was the interview guidelines and observation guidelines. Test the validity of the data is done by triangulation and source triangulation method. Data analysis technique used is an interactive model that consists of data reduction, data presentation (display data), and conclusion. Results of a study of 3 students Bidikmisi Prodi Counseling Education Faklutas Force Yogyakarta State University in 2011 showed that self-management students in academic demands adjustment is quite good. It is shown from the four aspects of the self-management of three of them performed well, namely facilitation aspect of self, self-control and self-development, whereas self-less aspect of the preparation can be managed properly. This can be explained from several aspects as follows: 1) the encouragement of self, a third informant desire to succeed and be able to achieve what the ideals, 2) preparing themselves, two of the three informants sometimes present in the lecture before the time of the lecture begins, 3) restraint, third informant arrange a place to learn to be comfortable in learning, discussion learning to solve problems that can not be solved alone, completed the task with due diligence and seek information to increase knowledge, 4) development of self, a third informant followed the choir, chess, group learning activities.
Keywords: self-management, Bidikmisi students, academic demands


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.