UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE PERMAINAN SEE OUR FEET PADA SISWA KELAS VB SD DERESAN YOGYAKARTA

Asep Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui metode permainan see our feet pada siswa kelas VB SD Deresan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Proses penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VB SD Deresan Yogyakarta yang berjumlah 31 siswa diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket motivasi belajar, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa permainan see our feet dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VB SD Deresan Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan pre-test dan pos- test 1, motivasi belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 7% atau sebanyak 10 siswa, sedangkan pada pelaksanaan post-test 2 motivasi belajar siswa mengalami kenaikan sebanyak 12% atau setara 16 siswa. Hasil tersebut menunjukan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa selalu meningkat setiap siklus. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil wawancara yang menyatakan bahwa siswa merasa lebih termotivasi belajarnya setelah melakukan permainan see our feet. Selain itu juga dapat dilihat berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa dapat memaknai permainan tersebut. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya siswa yang dapat menjelaskan makna dari permainan see our feet.
Kata kunci : motivasi belajar, permainan see our feet
Abstract
This study aims to increase the motivation to learn through games method see our feet in class VB SD Deresan Yogyakarta. This study uses a Class Action Research. The process of this study using a quantitative approach that consists of 2 cycles. Each cycle includes planning, implementation, reflection. Subjects were students of class VB SD Deresan Yogyakarta totaling 31 students were taken by using purposive sampling technique. Methods of data collection using motivation questionnaire, observation, and interviews. Data analysis using quantitative data analysis. Based on the results of research and discussion, we concluded that the game see our feet can improve students' motivation to learn in the class VB SD Deresan Yogyakarta. It can be seen from the implementation of the pre-test and post- test 1, students' motivation increased by 7% or as many as 10 students, while the implementation of the post-test 2 student motivation increased by 12% or the equivalent of 16 students. The results showed that the increase in students' motivation is increasing each cycle. These results are reinforced by results of interviews stating that students feel more motivated learning after the game see our feet. It also can be seen based on the observation that shows that students can interpret the game. It is shown from the number of students who can explain the meaning of the game see our feet.
Keywords : motivation to learn , the game see our feet


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.