TINGKAT KEBAHAGIAAN (HAPPINESS) PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Deviana Maharani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebahagiaan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2011 Fakultas Ilmu Pendidikan UNY sebanyak 1025 mahasiswa, dengan sampel selain subjek penelitian utama banyak 206 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala tingkat kebahagiaan yang dimodifikasi dari Subjective Happiness Scale dan Satisfaction with Life Scale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebahagiaan (happiness) pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY berada pada kategori sedang dengan persentase 57,7% atau sejumlah 119 mahasiswa. Dilihat dari aspek afektif, kebahagiaan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY memiliki kategori sedang yaitu 126 mahasiswa atau 61,2% yang terdiri dari 45 (21,8%) mahasiswa laki-laki dan 81 (39,3%) mahasiswa perempuan. Sedangkan berdasarkan aspek kognitif, memiliki kategori sedang, yaitu sebanyak 38 mahasiswa laki-laki atau 18% dan 73 mahasiswa perempuan atau 35%.
Kata kunci: kebahagiaan.
Abstract
The aim of this research is to find out the level of happiness’s to students at The Faculty of Educational Yogyakarta State University. This research used quantitative descriptive approach with kind of the research as survey. The subject of this research is university students at The Faculty of Educational Sciences, by the sample from 2011thuniversity studentsclass/groupwhich is 206 students. The sampling in this research is simple random sampling. The data accumulation instrument used happiness scale which modificated from Subjective Happiness Scale and Satisfaction with Life Scale. The data analysis techniques used used are non-parametric statistical analysis. The results showed levels of happiness in the Faculty of Education UNY students in middle category with a percentage of 57.7% or some 119 students. Judging from the affective aspect, happiness at the Faculty of Education students Yogyakarta State University have moderate category is 126 students, or 61.2%, consisting of 45 (21.8%) male students and 81 (39.3%) female students. While based on cognitive aspects, has a medium category, as many as 38 male students and 73 or 18% or 35% female students..
Keyword : happiness


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.