PENGARUH KEMATANGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 2 SEWON

Faiqah Dzakiyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kematangan sosial terhadap penyesuaian diri pada siswa SMP Negeri 2 Sewon. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Sewon berjumlah 311 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 167 siswa dari tabel Isaac and Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan skala kematangan Sosial dan skala penyesuaian diri dengan empat pilihan jawaban. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana denggan bantuan SPSS For Windows 22.0. Hasil Penelitian menunjukkan nilai signifikasi (Sig) sebesar 0,000. Nilai signifikasi yang lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikasi antara kematangan sosial terhadap penyesuaian diri siswa SMP Negeri 2 Sewon. Sumbangan efektif variabel kematangan sosial terhadap penyesuain diri sebesar 40,7% sedangan sisanya 59,3% berasal dari faktor lain.

 

Kata kunci: kematangan sosial, penyesuaian diri, sekolah inklusif.

 

Abstract

This research was aimed to know the influence of social maturity to the student’s adaptation of SMP Negeri 2 Sewon. The subject of this research were stuand Michaeldents of grade VII and VIII of SMP Negeri 2 Sewon that consisted of 311 students. The sample in this research were 167 students from Isaac and Michael table with 5% standart mistake. This research used a quantitative approach. The collecting of data used social maturity scale and adaptation scale by using four answer choices. The analysis for data in this research used simple regression analysis by helping SPSS for windows 22.0. The result of this research showed that the score of signification (Sig) 0,000. The score of signification was smaller than the score of probability 0,05. It showed that there was a positive influence and signification between social maturity and the student’s adaptation of SMP Negeri 2 Sewon. The effective donation of social maturity variable to the adaptation was 40,7%, while the other was 59,3% from another factor.

 

Keywords : social maturity, Adaptation, Inclusive School.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.