EFEKTIVITAS PENDEKATAN REBT TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA DENGAN KELUARGA BROKEN HOME DI SMA N 1 DEPOK

Arvenia Hari Wahyu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan REBT terhadap resiliensi akademik siswa dengan keluarga broken home. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan yaitu single subject research dengan jenis A-B design dengan pendekatan REBT. Subjek penelitian ini merupakan 5 siswa kelas X dan XI SMA N 1 Depok yang telah sesuai dengan kriteria penelitian yang ditentukan, yaitu siswa kelas X dan XI yang berasal dari keluarga broken home, siswa yang memiliki skor skala resiliensi akademik terendah berdasarkan hasil pre-test dan siswa yang bersedia untuk dijadikan sebagai subjek penelitian. 5 siswa tersebut mengikuti konseling individu dengan pendekatan REBT. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu sebelum perlakuan, perlakuan dan setelah perlakuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur resiliensi akademik yaitu skala resiliensi akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika non-parametrik uji wilcoxon. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, didapatkan nilai Asymp. Sig. 2-tailed sebesar 0,043, dimana 0,043 < α (0,05) dengan taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, teknik REBT efektif terhadap peningkatan resiliensi akademik siswa dengan keluarga broken home di SMA N 1 Depok.

 

 

Abstract

            This study aims to determine the effectiveness of REBT approach for increasing student academic resilience. The method used in this research is experiment. The type of experimental research used was single subject research with the form of A-B design with REBT approach. The subjects of this study were 5th grade X and XI students of SMA N 1 Depok who were in accordance with the determined research criteria, namely grade X and XI students from broken home family of SMA N 1 Depok, students who had the lowest academic resilience scale score based on pre-test results and students who were willing to be research subject. The 5th students get individual counseling with REBT technique. This research was conducted in three stages, namely before treatment, treatment and after treatment. The instrument used to measure the level of academic resilience is academic resilience scale. The data analysis technique used is the Wilcoxon test non-parametric statistics. Based on the results of hypothesis testing that has been done, the value of Asymp is obtained. Sig. 2-tailed at 0.043, where 0.043 <α (0.05) with a significance level of 5% so that H0 is rejected and Ha is accepted. Therefore, the REBT technique is effective towards the increase in academic resilience in grade X and XI students with broken home family in SMA N 1 Depok.

 

Keywords: REBT Approach, Academic Resilience, Broken Home


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.