PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP BURNOUT PADA MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI

Kristianti Puspitaningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) dukungan sosial orangtua pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, (2) burnout pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, dan (3) pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap burnout pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta program studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan sebanyak 103 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan sebanyak 80 mahasiswa yang dihitung menggunakan tabel Krecjie dan Morgan pada taraf signifikan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala dukungan sosial orangtua dan skala burnout. Uji validitas menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dukungan sosial orangtua pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi mayoritas berada pada kategori “sedang”; (2) burnout pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi mayoritas berada pada kategori “sedang”; dan (3) ada pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap burnout pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Hal ini dapat diartikan bahwa dukungan sosial orangtua member dampak pada burnout yang dialami mahasiswa dalam mengerjakan skripsi.

Kata kunci: dukungan sosial orangtua, burnout, dan skripsi

Abstrack

The purpose of this research is to know: (1) social support of parent to student in doing essay, (2) burnout at student in doing essay, and (3) influence of parental social support to burnout at student in doing essay.

This research is a quantitative research. The study population is all students of Yogyakarta State University of Education and Guidance Psychology study program of 103 student. The sampling technique used proportional random sampling technique. Sample in this research is student of State University of Yogyakarta Educational Psychology Study Program and Guidance counted 80 student counted using tables of Krecjie and Morgan at 5% significant level. Data collection techniques use parental social support scales and burnout scales. Test validity using expert judgment and reliability test using alpha cronbach formula. Data analysis technique using simple regression test.

The results showed that: (1) parental social support to students in doing essay majority is in the "average" category; (2) burnout of students in the essay of the majority are in the "average" category; and (3) there is influence of parental social support to burnout to student in doing essay. This can be interpreted that the parental social support give an impact to burnout in students in doing essay.

Keywords: parental social support, burnout, and essay


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.