PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR POSITIF MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL

Agustina Larasati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berfikir positif melalui konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Kelas). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TP SMK PIRI 1 Yogyakarta sebanyak 21 siswa yang selanjutnya hanya 5 siswa menjadi anggota konseling kelompok. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa: setelah dilakukan empat kali sesi konseling dengan topik kemampuan berfikir positif, kelima siswa anggota kelompok menunjukkan peningkatan pada skor hasil post test. Skor kelima siswa anggota kelompok meningkat dari kisaran 47- 88 point menjadi sekitar 83- 89 point.

Kata kunci : kemampuan berfikir positif, konseling kelompok

 

Abstract

               This research was conducted to know how to improve the ability of positive thinking through group counseling with transactional analysis approach in SMK PIRI 1 Yogyakarta. The type of research in this study is quantitative research with Classroom Action Research. Subjects in this study were students of class XI TP SMK PIRI 1 Yogyakarta as many as 21 students who then only 5 students become members of group counseling. The results of the action research showed that: after four counseling sessions with the topic of positive thinking ability, the five students of the group showed an improvement in post test result score. The score of the five student group members increased from the range of 47-88 points to about 83- 89 points.

Keywords: positive thinking ability, group counseling.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.