PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK PENGENALAN KARIR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH DI SD MUHAMMADIYAH WONOKROMO II

Nenden Tia Pramtiana

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media bimbingan karir berupa boneka jari untuk pengenalan karir siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah.  Model penelitian yang digunakan yaitu pendekatan model Research and Development Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas rendah yaitu kelas I, II, III SD Muhammadiyah Wonokromo II. Desain uji coba produk menggunakan validasi ahli dan uji coba produk. Validasi ahli menggunakan ahli materi dan ahli media. Uji coba produk terdiri dari uji coba awal dengan 3 siswa, uji coba lapangan utama dengan 15 siswa, dan uji coba lapangan operasional dengan 30 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan berasal dari angket. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan teknik deskriptif dan data kualitatif. Pada validasi ahli materi mendapat skor rerata 3,68 dengan konversi baik dan layak digunakan. Pada validasi ahli materi tahap kedua mendapat skor 4.76 dengan konversi sangat baik dan layak digunakan. Uji coba produk mendapat skor 100% dengan konversi sangat baik dan layak digunakan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa Media Bimbingan karir tentang pengenalan karir dengan kategori sangat baik. Hal tersebut berarti media layak dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Kata kunci: Pengembangan Media, Boneka Jari, Pengenalan Karir

 

Abstract

         The purpose of this research is to produce the media for career introduction in form of the fingers puppets for early graders of Elementary Schools. The model of this research was adapted from Borg ang Gall’s Research and Development. The subject of this research were the teachers of grade I, II, III  Muhammadiyah Wonokromo II Elementary Schools. The products trial was used the validation from the expert judgments. They were the expert of the contents and the expert of the media. The trial included of the first draft trial with three students only, the main trial with 15 students, and the operational trial with 30 students. The data were collected through questionnaires. It was analyzed descriptively and qualitatively. The score from validation of expert judgments was 3,68 with good conversion and feasible to use. In the final draft, the score was 4.76 with very goood conversion and feasible to use.  The result of this development was produced the career introduction media with very good category. Meaning that the media was reliable and feasible to use.

 

Keywords: Media development, Fingers Puppets, Career Introduction


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.