PROSES REGULASI EMOSI PADA REMAJA DENGAN ORANG TUA BERCERAI

Dian Damairia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui proses regulasi emosi pada remaja dengan orang tua bercerai. Pendekatan penelitian adalah kualitatif. Pemilihan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Data didapat dari tiga subyek penelitian yaitu, LL, SM, dan SS. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian; pemilihan situasi ketiga subyek memilih untuk menghindar; perubahan situasi, ketiga subyek berusaha untuk merubah situasinya secara langsung agar tidak menimbulkan emosi negatif yang berlebihan; penyebaran perhatian, ketiga subyek melakukan penyebaran perhatian dengan memecah fokus perhatian pada aktivitas lain; perubahan kognitif, ketiga subyek mampu untuk menerima, menilai dan melakukan penilaian sosial ke bawah dari permasalahan yang dialami secara positif; perubahan respon, ketiga subyek melakukan perubahan respon dengan menyembunyikan perasaan sedih dan kecewa dari orang lain. LL dan SS juga mengeluarkan kata-kata kasar sebagi bentuk luapan dari perubahan respon yang dilakukan. SS juga merokok untuk mengubah pengalaman emosinya.

 

Kata kunci: regulasi emosi remaja, orang tua bercerai

 

Abstract

This study aims to determine the process of emotional regulation in adolescents with divorced parents. The research approach is qualitative. Selection of research subjects using purposive sampling technique. Data obtained from three research subjects, namely LL, SM, and SS. Methods of data collection using interviews. Data analysis techniques use interactive model analysis. Data validity using source triangulation. Research result; selection situation, three subjects choose to avoid; change of situation, three subjects trying to change situation directly so as not to cause excessive negative emotion; spreading attention, three subjects do spread the attention by breaking the focus of attention on other activities; cognitive change, three subjects are able to accept, assess and undertake a downward social assessment of the problems posed positively; change response, three subjects change the response by hiding feelings of sadness and disappointment from others. LL and SS also issue harsh words as a form of overflow from the response changes made. SS also smokes to change his emotional experience.

 

Key word: regulation of teen emotions, divorced parents


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.