PERSEPSI SISWA KELAS XI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 KARANGANOM

Anita Triningsih

Abstract


Abstrak

 

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan persepsi terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas XI terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling dalam manajemen layanan bimbingan dan konseling.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karanganom. Instrumen pengambilan data menggunakan angket persepsi siswa terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling dalam manajemen layanan bimbingan dan konseling dengan uji validitas isi, reliabilitas dengan hasil 0,926. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas XI terhadap kinerja guru biingan dan konseling dalam manajemen layanan bimbingan dan konseling yang meliputi perencanaan, pengorganisasiaan, pelaksanaan, dan evaluasi berada pada kategori cukup baik yaitu 33,89 %.

 

Kata Kunci: persepsi, kinerja guru bimbingan dan konseling, manajemen layanan bimbingan dan konseling.

 

Abstract

 

The research is motivated by there is mistakes of perception on school counselor’s performance. The purpose of the research is aimes to find out the perception of students elevent grade on teacher guidance and counseling performance in guidance and counseling management service.This research uses survey research type. The subject in this research amounte to 180 students of eleventh grade ( XI ) in SMA Negeri 1 Karanganom. The data collection instrument used questionaire perception of eleventh grade toward teacher guidance and counseling performance in guidance and counseling management service with content validity, reliability with result of 0,926. The analysis technique used is quantitative descriptive analysis.The results showed that the perception of elevent grade student on teacher guidance and counseling performance in guidance and counseling management service include planning, organizing, implementing, and evaluating  is in good enough category that is 33,89%.

 

Keywords: perception, teacher guidance and counseling performance,guidance and counseling management service


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.