PENGEMBANGAN INTERFACE TRAINER SERIAL PORT DAN USB PORT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN UNTUK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Fery Pratama, Fatchul Arifin

Abstract


Media pembelajaran mata pelajaran Teknik Pemrograman di SMK Negeri 3 Yogyakarta khususnya materi interface masih dinilai kurang praktis dalam penggunaan, sehingga siswa masih kesulitan dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan trainer interface port serial dan port USB sebagai media pembelajaran teknik pemrograman untuk kelas X program keahlian teknik audio video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Tahap pengembangan media pembelajaran ini meliputi (1) analisis, (2), Desain produk, (3) Implementasi, (4) Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan media sudah dapat dikembangkan dengan baik sesuai dengan rencangan sebagai media pembelajaran teknik pemrograman di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Hasil uji kelayakan materi oleh tiga ahli materi memperoleh persentase sebesar 83.33% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kelayakan media oleh dua ahli media memperoleh persentase sebesar 83.95% dengan kategori sangat layak. Uji pemakaian oleh siswa kelas X program keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 81.55%. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut, media ini dikatakan “sangat layak”, dan dapat digunakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Kata Kunci : media pembelajaran, trainer, interface, teknik pemrograman.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v6i1.7433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter