SIMULATOR KERUSAKAN LAPTOP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN DAN PERBAIKAN KOMPUTER DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Agung Hari Hartomo, Totok Sukardiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan simulator kerusakan laptop, mengetahui unjuk kerja
simulator kerusakan laptop, dan menguji tingkat kelayakan simulator kerusakan laptop sebagai media pembelajaran
pada mata pelajaran perakitan dan perbaikan komputer di SMK PIRI I Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development. Objek penelitian ini adalah simulator kerusakan laptop. Tahap pengembangan
produk meliputi 1) Analisis, 2) Desain, 3) Implementasi, 4) Pengujian, 5) Validasi, dan 6) Ujicoba pemakaian.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1) Pengujian dan pengamatan unjuk kerja, 2) Angket
penelitian. Adapun validasi media pembelajaran melibatkan tiga ahli materi pembelajaran dan tiga ahli media
pembelajaran dan ujicoba pemakaian dilakukan oleh 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simulator
kerusakan laptop dapat bekerja sesuai dengan tujuannya yaitu mampu memperagakan 9 simulasi kerusakan laptop
secara nyata. Hasil uji validasi isi media pembelajaran dari penelitian ini memperoleh persentase 88,4% sehingga
dikatagorikan sangat layak. Untuk uji validasi konstruk pada penelitian ini memperoleh persentase 88,0% sehingga
dikatagorikan sangat layak. Pada uji pemakaian kepada siswa SMK persentase yang didapatkan sebesar 85,2%
sehingga dikatagorikan sangat layak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i7.2293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter