PENGARUH MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 DEPOK

Wisnu Waskita Aji, Handaru Jati

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai tujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja professional dan mempunyai keahlian sesuai dengan bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video SMK N 2 Depok, (2) Pengaruh Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video SMK N 2 Depok, (3) Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video SMK N 2 Depok.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Depok sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Kisi-kisi instrumen disusun berdasarkan materi yang telah ada. Uji validasi dilakukan oleh dua ahli instrumen dengan hasil instrumen layak digunakan. Uji coba penelitian dilakukan kepada siswa kelas X SMK N 2 Depok dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Hasil uji coba instrumen menunjukan 3 item gugur pada angket Kesiapan Kerja dan 1 item gugur pada angket Motivasi Memasuki Dunia Kerja. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Motivasi Memasuki Dunia Kerja berpengaruh terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI SMK N 2 Depok yang ditunjukan dengan nilai r sebesar 0,633 dan nilai thitung sebesar 4,326 yang lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,701 (4,326 > 1,701) yang berarti hasilnya signifikan, sedangkan Prestasi Belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI SMK N 2 Depok yang ditunjukan dengan r sebesar 0,145 dan nilai rhitung sebesar 0,774 yang lebih kecil dari nilai rtabel 1,701 (0,774 < 1,701) yang berarti hasilnya tidak signifikan, sedangkan Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Prestasi Belajar berpengaruh terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI SMK N 2 Depok dengan nilai R2 sebesar 0,406, berpengaruh terhadap Kesiapan Kerja sebesar 40,6% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain.



DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i8.2245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter