MEDIA PEMBELAJARAN FLIP-FLOP UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 1 PUNDONG

Galih Panulat Wiratama, Fatchul Arifin

Abstract


SMK merupakan lembaga pendidikan formal yang memberikan lebih banyak praktikum dari pada teori. Metode praktikum membutuhkan sarana pendukung seperti media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan sesuai dengan materi yang diberikan sangat diperlukan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Pembelajaran di SMK Negeri 1 Pundong pada mata pelajaran Teknik Digital belum memiliki media pembelajaran dalam bentuk trainer. Berdasarkan masalah tersebut peneliti melakukan penelitian tentang pengembangan Media Pembelajaran Flip-Flop untuk Mata Pelajaran Teknik Digital di SMK Negeri 1 Pundong. Tahap pengembangan produk meliputi 1) Identifikasi Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Desain, 8) Uji Coba Pemakaian, 9) Revisi Produk, 10) Produk Akhir. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan kuesioner (angket). Validasi media pembelajaran melibatkan tiga ahli materi dan tiga ahli media, serta uji coba pemakaian dilakukan oleh 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran sudah sesuai dengan rancangannya sebagai media pembelajaran flip-flop di SMK Negeri 1 Pundong. Hasil validasi isi memperoleh tingkat kelayakan dengan persentase sebesar 88,43% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi konstrak memperoleh tingkat kelayakan dengan persentase sebesar 87,84% dengan kategori sangat layak. Uji pemakaian oleh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Pundong memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 83,82%, sehingga media pembelajaran ini dikategorikan sangat layak sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran Teknik Digital di SMK Negeri 1 Pundong.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i8.2209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter