IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI KELAS XI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Ari Herliyanto, Slamet Slamet

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari “Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi”. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes pilihan ganda dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi. Pada siklus pertama keaktifan siswa sebesar 70,95%, siklus kedua meningkat 9,81% menjadi 80,76% dan siklus ketiga meningkat 6,54% menjadi 87,30%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa, yaitu: pada siklus pertama meningkat 5,24%, pada siklus kedua meningkat 4,90% dan pada siklus ketiga meningkat 6,64%.
Kata kunci: metode pembelajaran problem solving, perekayasaan sistem radio dan televisi, keaktifan, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i5.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter