EVALUASI PERANGKAT PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Andrean Billy Kurniawan

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : (1) kelengkapan perangkat pembelajaran, (2) kesesuaian perangkat pembelajaran, dan (3) pemanfaatan perangkat pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian evaluasi yang menggunakan model kesenjangan (discrepancy model). Perangkat pembelajaran yang dievaluasi adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, dan penilaian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Aspek kelengkapan perangkat pembelajaran belum lengkap karena masih banyak perangkat pembelajaran yang belum disusun oleh guru. (2) Aspek kesesuaian perangkat pembelajaran yang dikategorikan sangat baik namun masih memiliki banyak kekurangan pada tiap perangkat pembelajaran antara lain, (a) silabus : komponen sumber belajar, prinsip relevan, dan prinsip kontinuitas,  (b)  RPP : prinsip pembelajaran tematik-terpadu, (c) media pembelajaran : prinsip media, (d) penilaian : prinsip terbuka, mekanisme perancangan strategi penilaian, karakteristik otentik. (3) Aspek pemanfaatan perangkat pembelajaran yang menurut guru dikategorikan sangat baik namun masih memiliki kekurangan pada pemanfaatan RPP sebagai acuan media pembelajaran yang digunakan dan pemanfaatan penilaian untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan menurut siswa dikategorikan baik namun memiliki kekurangan pada pemanfaatan perangkat RPP dalam pemberian motivasi, pemanfaatan fungsi media dalam menyajikan objek, dan pemanfaatan penilaian dalam penyusunan instrumen penilaian.

Kata kunci : evaluasi, perangkat pembelajaran, kurikulum

 

Abstract

The purposes of this study are to determine : (1) completeness of learning resources, (2) suitability of learning resources, and (3) usage of learning resources for learning activity. This study was an evaluation researched with discrepancy model. The learning resources evaluated were syllabus, Weekly Learning Outline (WLO), learning media, and assesment instrument. The results of the study showed that : (1) completeness of learning resources was not complete because there were many learning resources that had not prepared by teacher. (2) Suitability of learning resources was categorized very good but still had some lack of every equipments such as, (a) syllabus : source of study component, relevant principle, and sustainable principle, (b) WLO : solid learning principle, (c) learning media : media principle, (d) assesment : clarity principle, mechanism of assesment strategy planning, authentic charasteristic. (3) According to teachers, usage of learning resources for learning activities was categorized very good but still had a lack of WLO usage as a reference for media that used and usage of assesment instrument for evaluation learning proccess. According to students, usage of learning resources for learning activities was categorized good but still had lack of WLO usage in giving motivation, usage of media on displaying some objects, and usage assesment for arranging assesment intrument.

Keywords : evaluation, learning resources, curriculum


Full Text:

PDF 296-302


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i4.8721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro