KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERLANDAS MASALAH BERBANTUAN PLC DENGAN ARDUINO SEVERINO PADA PELAJARAN MEMASANG INSTALASI TENAGA LISTRIK

Tisna Prihardiyanti Kusumaningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (i) mengetahui pencapaian kompetensi pemahaman prinsip kerja sistem kendali elektronik, (ii) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, (iii) Mengetahui perbedaan hasil belajar pada aspek psikomotorik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang termasuk dalam eksperimen semu/quasi eksperiment yang merupakan pengembangan dari true experimental design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII TITL A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XII TITLB sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes dan dan non tes Penelitian ini mendapatkan hasil : (i) penggunaan model pembelajaran berlandas masalah berbantu media pembelajaran PLC berbasis Arduino Severino lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif siswa dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional, hal ini ditunjukkan dengan Skor Gain sebesar 0,50 yang termasuk dalam kategori tinggi.(ii) Terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif siswa. Hasil belajar pada aspek kognitif memiliki perbandingan nilai antara thitung dengan ttabel sebesar 4,964>2,004. (iii) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada aspek psikomotorik siswa yang menggunakan model pembelajaran berlandas masalah dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil belajar pada aspek psikomotorik memiliki perbandingan nilai antara thitung dengan ttabel sebesar 6,636 > 2,004.

 

Kata kunci : Efektifitas, pembelajaran berlandas masalah, PLC arduino severino, kognitif siswa, psikomotorik siswa

 

Abstract

               The purpose of the reaserch are: (i) to find out the competence achievement of working principle understanding of electronic control system, (ii) to find out the  differences in learning outcome on cognitive aspects, (iii) to find out the difference in learning outcomes on psychomotor aspects. The method used was an experimental method, that was included in a quasi-experimental / quasi experiment, which was the development of a true experimental design. The subjects of  this study were students of XII class TITLA as experimental group and students of XII class TITLA as control group. Data collection techniques used were test and non-test instrument . The results of this research showed that: (i) the use of Problem Based Learning model of media-assisted learning of PLC-based Arduino Severino was more effective to improve learning outcomes on cognitive aspects of students compared to the use of conventional teaching method, as indicated by the gain score of 0.50  which classified in high category. (ii) There was significant difference between improved learning outcomes in cognitive aspects of students. Results of study on cognitive aspects had  a value comparison between tcount and ttabel 4.964> 2.004. (iii) There was significant difference of learning outcomes between  students who use the psychomotor aspects of Problem Based Learning and those of conventional teaching methods. Results of study on psychomotor aspect ratio had a value between tcount and ttabel 6.636> 2.00.

 

Key words : Effectiveness, problems based learning, PLC arduino severino, students's cognitive, Students’s psychomotor

Full Text:

PDF 273-279


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i4.8717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro