PENGEMBANGANMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTU KMATA PELAJARAN PIRANTI SENSOR DAN AKTUATOR

Prayogi Prayogi

Abstract


PENGEMBANGANMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTU KMATA

PELAJARAN PIRANTI SENSOR DAN AKTUATOR

 

DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA ON THE SUBJECTOF SENSOR DEVICE AND ACTUATOR

Oleh:    Prayogi, Herlambang Sigit Pramono

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

12501244032@student.uny.ac.id, herlambangpramono@yahoo.com

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh desain media pembelajaran instrumentasi sensor, (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran instrumentasi sensor, dan (3) mengetahui tingkat kelayakan Media Pembelajaran Instrumentasi Sensor untuk Mata Pelajaran Piranti Sensor dan Aktuator di SMK YAPPI Wonosari.Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan mengadopsi pengembangan ADDIE yang terdiri atas: (1) analisis (Analize),(2) desain(Design), (3) pengembangan (Development),(4) implementasi(Implementation),dan (5) evaluasi(evaluation) dan dikombinasikan dengan model waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Desain media pembelajaran ini berbentuk trainer kit yang dilengkapi dengan antarmuka (interface) pada komputer dan buku panduan. Trainer kit terdiri dari 2 bagian yaitu modul utama dan modul sensor, (2) berdasarkan uji coba unjuk kerja trainer kit, diketahui modul sensor dapat bekerja dengan baik yaitu dapat mendeteksi perubahan objek masing-masing sensor. Data hasil pengukuran ditampilkan pada LCD dan antarmuka (interface), (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 67,5 dengan persentase kelayakan sebesar 88,8 % dari skor rerata maksimal sebesat 76 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 93,5 dengan persentase kelayakan sebesar 80,6 % dari skor rerata maksimal sebesat 116 dengan kategori “layak”. Penilaian kelayakan oleh pengguna mendapatkan rerata skor 83,7 dengan persentase kelayakan sebesar 83,7 % dari skor rerata maksimal sebesat 100 dengan kategori “sangat layak”.

 

Kata kunci: media pembelajaran, instrumentasi sensor, ADDIE, Waterfall, piranti sensor dan aktuator

 

Abstract

This research aim to: ( 1 ) design learning mediaof sensor instrumentation, ( 2 ) determine the performance of learning media of sensor instrumentation, and ( 3 ) determine the feasibility of learning media of sensor instrumentation on the subjectof sensor device and actuator atSMKYAPPIWonosari. This studywas research and development using ADDIE model consisting of: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation and combined with Waterfall model. The results of this study were: ( 1 ) learning media designed were trainer kit that equipped with the interface on the computer and guidebooks. Trainer kit consisted of two parts which are the main module and sensor module, (2) based on testing the performance of the trainer kit it was known that sensormodule could work well so it could detect object change on each sensors. Data of measurement displayed on LCD and an interface, ( 3 ) the assessment result of the feasibility by the subject matter expertsgot mean maximum score of 67.5 out of 76 (88 %) and classified as "highly feasible". Feasibility assessment by media experts got mean maximum score of 93.5 out of 116 (80.6 %) and classified as "feasible". Feasibility assessment by the users obtained the mean maximum score of 83.7 out of 100 (83.7 %) and classified as "highly feasible".

 

Keyword: learning media, sensor instrumentation, ADDIE, Waterfall, sensor device and actuator.

 

 

 

 


Full Text:

PDF 2015-212


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i3.8679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro