MODUL TRAINER KIT ARUS SEARAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Wulan Ramadani

Abstract


MODUL TRAINER KIT ARUS SEARAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

 

DIRECT CURRENT TRAINER KIT MODULE AS LEARNING MEDIA

 

Oleh :   Wulan Ramadani, Sunomo

            Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

wulanramadani1995@gmail.com, omonusyogya@gmail.com

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (i) unjuk kerja Modul Trainer Kit Arus Searah, (ii) tingkat kelayakan Modul Trainer Kit Arus Searah dari aspek materi, (iii) tingkat kelayakan Modul Trainer Kit Arus Searah dari aspek media, (iv) tingkat kelayakan Modul Trainer Kit Arus Searah dari aspek pengguna. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dari hasil penelitian diperoleh: (i) unjuk kerja dari catu daya pada modul Trainer Kit menggunakan LM317 pada tegangan masukan 32 Volt mampu menghasilkan tegangan keluaran 0-30 VDC saat beban kosong, tetapi ketika tegangan diatur lebih dari 15 VDC dan diberi beban terjadi penurunan tegangan sebesar 10%, (ii) tingkat kelayakan Modul Trainer Kit Arus Searah berdasarkan aspek materi secara keseluruhan mendapatkan rata-rata sebesar 3,09 dari nilai maksimum 4 berada pada kategori “Layak”, (iii) tingkat Kelayakan Modul Trainer Kit Arus Searah berdasarkan aspek media secara keseluruhan mendapatkan rata-rata 3,62 dari nilai maksimum 4  berada pada kategori “ Sangat Layak”, (iv) tingkat kelayakan Modul Trainer Kit Arus Searah berdasarkan aspek pengguna secara keseluruhan rata-rata 3,21 dari nilai maksimum 4 berada pada kategori “Layak”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Modul Trainer Kit Arus Searah “Layak” digunakan sebagai media pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik .

 

Kata kunci :ADDIE, Modul Trainer KitArus Searah, Media pembelajaran.

 

Abstract

 

The main purposes of this research are to determine (i) performance of Direct Current Trainer Kit Module, (ii) feasibility level of Direct Current Module from material aspect, (iii) feasibility level of Direct Current Module from media aspect, (iv) feasibility level of Direct Current Module from user aspect. The method used is Research and Development with ADDIE approach that was developed by Robert Maribe Branch, that consists of analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of research and development are: (i) performance of the power supply module Trainer Kit that uses LM317 when input voltage 32 Volt affords to produce output voltage 0-30 VDCfor unloaded circuits, but if the voltage adjusted more than 15 VDC and loaded, the voltage drop occurs up to 10%, (ii) overall feasibility level of Direct Current Module from material aspect has an average value 3.09 out of 4 and classified as " Feasible", (iii) overall feasibility level of Direct Current Module from media aspect has an average value 3.62 out of 4 and classified as "Highly Feasible", (iv)  overall feasibility level of Direct Current Module from user  aspect has an average value 3.21 out of 4 and classified as " Feasible". The conclusion of this research is that the Module Trainer Kit classified as “Feasible” to be used as a media of learning for Basic and Electrical Measurements.

 

Keywords: ADDIE, Direct Current Trainer Kit Module, Learning Media


Full Text:

PDF 184-189


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i3.8675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro