PERBEDAAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LUMINASI

Lisa Setya Wati

Abstract


PERBEDAAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LUMINASI

 

DIFFERENCE OF LEARNING OUTCOMES OF PROBLEM BASED LEARNING IN COMPARISON TO THOSE OF CONVENTIONAL METHOD FOR THE CHAPTER OF LUMINANCE

 

Oleh:   Lisa Setya Wati, Dr. Djoko Laras Budyo Taruno

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

            lisasetyawati@gmail.com, djoko_laras@uny.ac.id

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa aspek kognitif pada materi luminasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis masalah dengan metode konvensional, (2) perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif pada materi luminasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis masalah dengan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Teknik pengambilan data sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian adalah: (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis masalah dengan metode konvensional dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,765 > 0,05; (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis masalah  dengan metode konvensional dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,329 > 0,05.

 

Kata kunci: Problem Based Learning, Konvensional, Hasil Belajar, Luminasi.

 

Abstract

The purpose of this research are to determine the difference of learning outcomes of problem based learning in comparison to those of conventional method in aspect of: (1) cognitive, (2) affective for the chapter of luminance. This research was conducted at SMKN 2 Yogyakarta. This research is quasi experiment. Sampling data collecting method is purposive sampling. Data collection techniques used are tests and observation. The results of the research are: (1) there is no difference of learning outcomes of problem based learning in comparison to those of conventional method in aspect of cognitive for the chapter of luminance with significant value of 0.765> 0.05; (2) there is no difference of learning outcomes of problem based learning in comparison to those of conventional method in aspect of affective for the chapter of luminance with significant value of 0.329> 0.05.

 

Keywords: Problem Based Learning, Conventional, Learning Outcomes, Luminance.


Full Text:

PDF 176-183


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i3.8674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro