PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KERAS UNTUK ANTARMUKA PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI DATA DAN ANTARMUKA

Awal Bakhtera Suhiyar

Abstract


PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KERAS UNTUK ANTARMUKA PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI DATA DAN ANTARMUKA

 

LEARNING MEDIA DEVELOPMENT OF HARDWARE INTERFACE INTRODUCTION ON CLASSOF DATA COMUNICATION AND INTERFACE

 

Oleh: Awal Bakhtera Suhiyar, Sunomo

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, bakhtera31@gmail.com, sunomo@uny.ac.id

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui: (1) langkah-langkahmenghasilkan media pembelajaran  pengenalan perangkat keras untuk antarmuka, (2) kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek materi, (3) kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek media, (4) kelayakan media pembelajaran ditinjau dari respon siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg and Gall. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Hasil penelitian ini adalah: (1) telah dihasilkan sebuah media pembelajaran pengenalan perangkat keras untuk antarmuka dengan langkah-langkah pembuatannya meliputi: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian, (2) penilaian aspek materi memperoleh rerata skor 3,68 dari 4,00 (92,00%) dengan kategori sangat layak, (3) penilaian aspek media memperoleh rerata skor 3,60 dari 4,00 (90,00%) dengan kategori sangat layak, (4) respon siswa terhadap media pembelajaran mendapatkan rerata skor 3,35 dari 4,00 (83,66%) yang termasuk dalam kategori sangat layak sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci: pengembangan,komunikasi data dan antarmuka, media pembelajaran.

 

Abstract

This research aims to determine: (1)the steps to produce leearning media of hardware interface introduction, (2) the feasibility of learning media in terms of material aspect, (3) the feasibility of learning media in terms of media aspect, (4) the feasibility learning media in terms of the students' responses. The method used is research and development with Borg and Gall model. Feasibility testing of the product was validated by subject matter experts, media experts, and students as users. The results of this research are: (1) learning media of hardware interface was produced whitch had passed: analysis of the potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, and trial use, (2) the assessment of material aspectgot a mean score of 3.68 out of 4.00 (92.00%) and categorized as very feasible, (3)the assessment of media aspect got a mean score of 3.60 out of 4.00 (90.00%) and categorized as very feasible, (4) the response of students to learning media got a mean score of 3.35 out of 4.00 (83.66%) and categorized as very feasible as a learning media.

 

Keywords:development, data communication and interfaces, learning media.

Full Text:

PDF 134-142


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i2.8665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro