PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF DAN INTERAKTIF PADA KOMPETENSI BUKU DIGITAL MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Andi Mulyadinata

Abstract


PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF DAN INTERAKTIF PADA KOMPETENSI BUKU DIGITAL MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

 

THE DEVELOPMENT OF COMMUNICATIVE AND INTERACTIVE MULTIMEDIA LEARNING ON DIGITAL BOOK COMPETENCE FOR THE COURSE OF DIGITAL SIMULATION

 

Oleh:   Andi Mulyadinata, Rustam Asnawi

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

            andimulyadinata@gmail.com, rustam@uny.ac.id

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui model pengembangan multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif pada kompetensi buku digital mata pelajaran simulasi digital kelas X SMK Negeri 2 Pengasih, (2) mengetahui fungsionalitas multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif, (3) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif oleh ahli dan respon penilaian pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan mengadopsi pengembangan multimedia ADDIE yang terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) desain (design), (3) pengembangan dan implementasi (development and implementation), dan (4) evaluasi (evaluation). Hasil respon penilaian pengguna (siswa) terhadap multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif pada kompetensi buku digital mata pelajaran simulasi digital diketahui bahwa pada uji coba kelompok besar 87% siswa menyatakan produk multimedia pembelajaran dalam kategori “sangat baik” dan 13% siswa menyatakan produk dalam kategori “baik”.

 

Kata kunci: Multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif, ADDIE, kompetensi buku digital, simulasi digital

 

Abstract

This research has three goals: (1) to determine the development model of communicative and interactive multimedia learning on digital book competence for the course of digital simulation class X            SMK Negeri 2 Pengasih, (2) to determine the functionalities of communicative and interactive multimedia learning, (3) to determine the feasibility of communicative and interactive multimedia learning by experts, and users’ feedback. This study is a research and development adopting ADDIE model which consists of: (1) analysis, (2) design, (3) development and implementation, and (4) evaluation. Results of users’ feedback show that communicative and interactive multimedia learning in large group trials: 87% students stating multimedia learning classified as "very good" and 13% students stating multimedia learning classified as "good".

 

Keywords: Communicative and interactive learning multimedia, ADDIE, digital book competency,          

      digital simulation


Full Text:

PDF 84-91


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i2.8659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro