PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN RANGKAIAN PENGENDALI DASAR

Sigit Nur Cahyo

Abstract


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN RANGKAIAN PENGENDALI DASAR

 

THE DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BASED ON INTERACTIVE MULTIMEDIA ON BASIC CONTROLLER CIRCUIT.

 

Oleh: Sigit Nur Cahyo, Giri Wiyono

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas TeknikUniversitas Negeri Yogyakarta,

Cahya.sigit@yahoo.co.id, giri_wiyono@yahoo.com

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang tepat pada mata pelajaran pengetahuan rangkaian pengendali dasar  ,  (2) mengetahuisoftware pembelajaran pengetahuanrangkaian pengendali dasar yang tepat sebagai sumber belajar siswa prodi teknik instalasi tenaga listrik di SMK, (3) mengetahui kelayakan media interaktif pada mata pelajaran pengetahuan rangkaian pengendali dasar di SMK.Model penelitian ini adalah research and development (R&D). model pengembangan Analysis, Design, Development & Implementation, Evaluation (ADDIE).Hasil penelitian ini bahwa: (1) model media pembelajaran interaktif pengetahuan rangkaian pengendali dasaryang tepat untuk mata pelajaran pengetahuan rangkaian pengendali dasar meliputi unsur materi pokok bahasan rangkaian pengendali dasar, latihan soal evaluasi, objek multimedia yang mendukung penyajian materi, penyajian simulasi drag and drop, tata letak (layout) yang konsisten, tampilan visual yang menarik, komposisi warna yang serasi, dan kemudahan pengoperasian program, (2)ketepatansoftware media pembelajaran interaktif dinilai berdasarkan penilaian dari ahli materi memperoleh prosentase sebesar 79,68 %termasuk dalam kategori sangat layak dan prosentase dari ahli media sebesar 83,55%termasuk dalam kategori sangat layak. (3) penilaian terhadap siswa memperoleh prosentase sebesar 82,25% termasuk dalam kategori sangat baik.

 

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, multimedia, rangkaian pengendali dasar

 

Abstract

The purpose of this study are to: (1) produce an appropriate interactive learning media on subject of basic  controller circuit,(2) determine suitable learning software for basic controller circuit as source of study for students at department of power installations engineering in SMK, (3) determine the feasibility of interactive media on basic controller circuit.This research methodwas research and development (R&D) with Analysis, Design, Development & Implementation, Evaluation (ADDIE) model.The results show that: (1)appropriate model of interactive learning media on basic controller circuitincludes material, evaluation, multimedia objects, simulation of drag and drop, interesting visualization of presentation, color composition, and operational practice, (2) based on the assessment of matter experts,the accuracy of the software of interactive learning media assessed earned percentage of 79.68% and was classified feasible; earned percentage of  83.55% included in the highly classified feasible , (3) an assessment of the students obtain  percentage of 82.25% and was included in excellent category.


Keywords:
media interactive learning, multimedia, basiccontrol circuit


Full Text:

PDF 28-35


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i1.8650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro