PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAPIS SINYAL AUDIO UNTUK MATA PELAJARAN SIFAT DASAR SINYAL AUDIO

Sakdiah Sakdiah

Abstract


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAPIS SINYAL AUDIO UNTUK MATA PELAJARAN SIFAT DASAR SINYAL AUDIO

 

THE DEVELOPMENT OF AUDIO SIGNAL FILTER LEARNING MEDIA FOR AUDIO SIGNAL CHARACTERISTIC SUBJECT

 

Oleh: Sakdiah, Drs. Sunomo, M.T.

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

sakdiahwaph@gmail.com, omonusyogya@yahoo.com

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat desain, (2) mengetahui unjuk kerja dan (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran tapis sinyal audio pada mata pelajaran sifat dasar sinyal audio di SMK N 1 Pundong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan konsep ADDIE menurut Novan Ardy Wiyani (2013). Hasil penelitian adalah: (1) desain media tapis sinyal audio terdiri dari trainer tapis sinyal audio dan buku petunjuk; (2) unjuk kerja media pembelajaran tapis sinyal audio sudah sesuai dengan tujuan saat mediadiujikan kepada 34 siswa kelas XI Teknik Audio Vidio; (3) kelayakan media pembelajaran tapis sinyal audio setelah dinilaioleh ahli media, ahli materi dan siswa memperoleh hasil sangat layak,sangat layak dan layak.

 

Kata kunci: media, pembelajaran, tapis, sinyal, audio

 

Abstract

This study aims to: (1) make the design, (2) know the performance and (3) know the feasibility of audio signal learning media for audio signal characteristic subject at SMK N 1 Pundong. The method used in this study was research and development with ADDIE developed by Novan Ardy Wiyani (2013). The results of this study were: (1) the design of audio signal filter consisted of anaudio signal filter trainer and a manual book; (2) the performance of audio signal filter learning media fulfilled the purposes ifthe mediaapplied to 34 students of XI grade of Audio Video Engineering; (3) the feasibility of audio signal filter learning mediahad been evaluated by media experts,material experts, and students’ assessment,classified as highly feasible, highly feasible and feasible respectively.

 

Keywords: media, learning, filter, signal, audio.


Full Text:

PDF 20-27


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i1.8649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro