PENCAPAIANM KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK (PAUL) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) SMK NEGERI 1 PUNDONG

Disan Ari Kiswantoro

Abstract


PENCAPAIANM KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK (PAUL) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) SMK NEGERI 1 PUNDONG

 

THE STUDENT COMPETENCE ACHIEVEMENT OF SUBJECTS THE USE OF ELECTRICAL MEASURING TOOL USING CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) LEARNING MODEL AT SMK NEGERI 1 PUNDONG

 

Oleh:       Disan Ari Kiswantoro, Djoko Laras Budyo Taruno            

               Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

               disan.ari.kiswantoro@gmail.com, djokolarasbt@gmail.com

 

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kompetensi pada aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa kelas X program keahlian TITL SMK Negeri 1 Pundong pada mata pelajaran Penggunaan Alat Ukur Listrik menggunakan model pembelajaran  Creative Problem Solving dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen pretest, posttest, dan lembar observasi. Analisis data dengan mereduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan berdasarkan deskripsi data. Pada siklus I KKM belum tercapai, dilihat dari aspek kognitif nilai rata-rata preetest I sebesar 56,03, aspek afektif diperoleh hasil observasi sebesar 63,19, dan aspek psikomotorik melalui praktikum diperoleh nilai rata-rata sebesar 53,17. Belum tercapainya KKM pada siklus I sehingga dilanjutkan pada siklus II. Kompetensi aspek kognitif diperoleh nilai rata-rata posttest II sebesar  78,28, aspek afektif diperoleh sebesar 82,33, dan aspek psikomotorik diperoleh rata-rata sebesar 79,31. Dapat diartikan bahwa kompetensi yang dicapai siswa pada siklus II telah memenuhi KKM dengan penerapan model pembelajaran CPS.

 

Kata kunci: penelitian tindakan kelas, creative problem solving, pencapaian kompetensi siswa.

 

Abstract

   This research aimed  to determine the competency achievement in aspects of affective, cognitive and psychomotor of 10th grade student majoring in TITL of SMK Negeri 1 Pundong of subjects The Use of Electrical Measuring Tool using Creative Problem Solving learning model and totaling 29 students. This research was conducted using classroom action research in two cycles. Techniques and data collecting was done by using pretest, posttest, and observation sheets instruments. Data was analyzed using data reduction, describing data, and make inference based on description of data. In cycle I KKM hasn’t been achieved seen from cognitive aspect, average score of pretest I was 78.28, affective aspect was 63.19, and psychomotor aspect obtained average score 53.17.  KKM hasn’t been achieved in cycle I then continued in cycle II. Cognitive competence obtained average score posttest II 78.28, affective aspect obtained by 82.33, and psychomotor aspect obtained score 79.31. It meant that competencies achieved by students in cycle I have completed KKM by implementation of CPS learning model.

 Keywords: classroom action research, creative problem solving, the achievement of student competence.

Full Text:

PDF 1-8


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i1.8648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro