PEMENUHAN STANDAR SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI PROGRAM KEAHLIAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN INSTRUMENTASI ELEKTRONIKA PESAWAT UDARA SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

Rachma Rian Asmita

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara umum mengenai pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan pada Program Keahlian Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumentasi Elektronika Pesawat Udara SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No.40 Tahun 2008 untuk SMK/MAK. Penelitan ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan Discrepancy Model. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Pemenuhan prasarana lahan dikategorikan telah memenuhi 5 aspek standar dan 1 aspek belum terpenuhi, (2) Pemenuhan prasarana bangunan dikategorikan telah memenuhi 9 aspek standar dan 2 aspek belum terpenuhi, (3) Pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan pada kelompok ruang pembelajaran umum dikategorikan belum memenuhi standar pada masing-masing kriteria yakni kriteria ruang dengan persentase 57,14%; jenis perabot 57,14% ; jumlah perabot 71,43%; jenis perlengkapan 42,86% ; jumlah perlengkapan 42,86%, (4) Pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan pada kelompok ruang pembelajaran khusus dikategorikan belum memenuhi standardengan persentase masing-masing kriteria 75,00%,(5) Pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan pada kelompok ruang penunjang dikategorikan belum memenuhi standar pada masing-masing kriteria yakni kriteria ruang dengan persentase 90,91%; jenis perabot 63,64% ; jumlah perabot 90,91%; jenis perlengkapan 63,64% ; jumlah perlengkapan 54,55%.

 

Kata Kunci : Pemenuhan, Standar, dan Sarana Prasarana Pendidikan

 

Abstract

This study aims to determine the fulfillment of education infrastructure facilities standards in Department of Airframe Maintenance and Repair at SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta in reference to Permendiknas No.40/2008 for vocational high school. This research uses Discrepancy Model evaluation research.

The findings reveal that: (1) Area fulfils five standard aspects while one aspect is unfulfilled (2) building fulfills nine standard aspects whereas two aspects are unfulfilled, (3) fulfillment of Public Learning Room Category generally is unable to fulfill  the standards for each criterion , which are room category in percentage of 57.14%; furniture variety in percentage of 57.14%; amount of furniture in percentage of 71.43%; equipment variety in percentage of 42.86%; amount of equipment in percentage of 42.86%, (4) fulfillment of Particular Learning Room Category specifically is unable to fulfill  the standards for each criterion in percentage of 75.00%, (5) fulfillment of Supporting Room Category generally is unable to fulfill the standards for each criterion,which are room category in percentage of 90.91%; furniture variety in percentage of 63.64%; amount of furniture in percentage of 90.91%; equipment variety in percentage of 63.64%; amount of equipment in percentage of 54.55%.

 

Keywords: Fulfillment, Standard and Education Infrastructure-Facilities

Full Text:

42-50


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i3.4391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro