PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT HUMAN MACHINE INTERFACE (HMI) SISWA KELAS XII DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI OMRON CX-SUPERVISOR DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN

M. Nur Fauzi Ibrahim

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui apakah terdapat peningkatan kompetensi Membuat Human Machine Interface (HMI) Kelas XII setelah media pembelajaran aplikasi OMRON CX-Supervisor diterapkan dalam pembelajaran di SMK N 2 Depok Sleman, dan (2) Mengetahui besar peningkatan kompetensi Membuat Human Machine Interface (HMI) Kelas XII setelah media pembelajaran aplikasi OMRON CX-Supervisor diterapkan dalam pembelajaran di SMK N 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 6 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen pretest dan postest untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan lembar observasi untuk mengetahui peningkatan sikap dan keterampilan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Penggunaan media pembelajaran Aplikasi OMRON CX-Supervisor dapat menigkatkan kompetensi siswa ditinjau dari 3 aspek dari pertemuan pertama hingga keenam yaitu presentase sikap semula 50,00% meningkat menjadi 96,88%, nilai rata – rata pengetahuan semula 40,06 meningkat menjadi 79,06, dan nilai rata – rata keterampilan semula  67,80 meningkat menjadi 88,07, (2) Besar peningkatan kompetensi siswa ditinjau dari 3 aspek yaitu: presentase sikap meningkat sebesar 31,25%, nilai rata – rata pengetahuan sebesar 39,00, dan nilai rata-rata keterampilan sebesar 20,27.

 

Kata kunci: kompetensi, human machine interface (HMI), sikap, pengetahuan, keterampilan

 

Abstract

The purpose of this research is to: (1) find out the increase of competence of making a Human Machine Interface (HMI) using instructional media OMRON CX-Supervisor application in learning at XII grade students of SMK N 2 Depok Sleman, and (2) know the increase of competence of making Human Machine Interface (HMI) using instructional media OMRON CX-Supervisor application in learning at XII grade students of SMK N 2 Depok Sleman. This research is a classroom action research. This research was carried out in two cycles that consist of six meetings. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Data collection methods used was pretest-posttest to determine the increase of knowledge and observation sheets to determine the attitudes and skills enhancement. The data analysis used was descriptive analysis. The results of this research are: (1) The utilization of instructional media OMRON CX-Supervisor application can boost students' competences in three aspects of the first to the sixth meeting. Initially, the percentage of attitude was 50.00%, the mean value of knowledge was 40.06, and the mean value of skills was 39.00 and then increased to 96.88%, 79.06, and 88.07 sequentially. (2) The increase of students competences in three aspects: the percentage of attitude increased by 31.25%, the mean value of knowledge increased by 39.00, and the mean value of skills increased by 20.27.

 

Keywords: competence, human machine interface (HMI), attitudes, knowledge, skills


Full Text:

9- 16


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i3.4379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro