PENGEMBANGAN TRAINER USB TO SERIAL BERBASIS MIKROKONTROLLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PRAKTIK KOMUNIKASI DATA DAN INTERFACE

Muhammad Miftachurrohman

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui unjuk kerja Trainer USB to Serial berbasis mikrokontroller sebagai media pembelajaran praktik pada mata pelajaran Komunikasi Data dan Interface program keahlian Elektronika Industri kelas XI. (2) mengetahui bagaimanakah tingkat kelayakan Trainer USB to Serial berbasis mikrokontroller sebagai media pembelajaran praktik pada mata pelajaran Komunikasi Data dan Interface program keahlian Elektronika Industri kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE milik Robert M Branch. Hasil penelitian ini adalah: (1) unjuk kerja Trainer USB to Serial berbasis mikrokontroller: dapat terdeteksi sebagai Virtual Communication Port pada PC, dapat mengeksekusi input/output berupa bilangan hexadesimal, dapat di ekspansi dengan input/output eksternal, tegangan kerja 5 V DC, baudrate 600-38400 bps. Unjuk kerja Trainer Home Automation: delapan channel outputan dengan beban lampu bohlam 5 W, tegangan kerja 220 V AC. (2) berdasarkan penilaian media pembelajaran menurut ahli media didapatkan jumlah rerata skor peresponden sebesar 77,5 dari skor maksimal 100 sehingga termasuk kategori “Layak”. Berdasarkan penilaian ahli materi didapatkan jumlah rerata skor peresponden sebesar 83 dari skor maksimal 92 sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan penilaian pengguna didapatkan jumlah rerata skor peresponden sebesar 60,73 dari skor maksimal 68 sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”.

 

Kata kunci: Trainer USB to Serial, Komunikasi Data dan Interface

 

Abstract

This study aims to: (1) know how performance of USB-Trainer-to-Serial-based microcontroller as a practical learning media of data communications and Interface class XI of electronic industry program. (2) know how the feasibility of USB-Trainer-to-Serial-based microcontroller as a practical instructional media study of data communications and Interface class XI at SMK Muhammadiyah Prambanan. This research is research and development using ADDIE development model by Robert M Branch. The results of this research are: (1) trainer performance of USB-Trainer-to-Serial-based microcontroller: it can be detected as a Virtual Communications Port on a PC, can execute the input / output as hexadecimal, may be expanded using the input / output external, working voltage of 5 V DC, baudrate 600-38400 bps. Performance of Trainer Home Automation: eight-channel output with bulb lamp load 5 W, the working voltage of 220 V AC. (2) Based on learning media assessment by media experts, it is found that the number of respondents’ mean score is 77.5 out of 100 and classified feasible. Based on material experts’ assessment, found that the number of respondents’ mean score is 83 out of 92 and classified very feasible. Based on users’ assessment, found that the number of respondents’ mean score is 60.37 out of 68 and classified very feasible.

 

Keywords: USB-Trainer-to-Serial, Data Communication and Interface


Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i2.2203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro