PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK N 1 BENDO KABUPATEN MAGETAN

hary kurniawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan rancangan model media pembelajaran interaktif yang tepat untuk materi piranti elektronika daya pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik, (2) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif materi piranti elektronika daya, (3) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran interaktif materi piranti elektronika daya. Jenis  penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation (ADDIE). Hasil penelitian adalah: (1) model media pembelajaran interaktif harus mencakup aspek materi dan aspek media; (2) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi dan tahap evaluasi; (3) penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 97,5 dengan kategori layak. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 106 dengan kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil penilaian respon siswa mendapatkan rerata skor 125,78 dengan 64% siswa menilai sangat baik dan 36% siswa menyatakan baik sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci: ADDIE, dasar dan pengukuran listrik, media pembelajaran interaktif

 

Abstract

 

This study aims : (1) to create an interactive learning model for electrical equipment materials for the subject of Basic and Electricity Measurement, (2) to develop an interactive learning model for electrical equipment materials, (3) to examine the feasibility of interactive learning model for electrical equipment materials. This study used the method of Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation (ADDIE) approach. The results show (1) the interactive learning model should consist of material and media aspect, (2) development of the model was conducted through four steps including analysis, designing, developing and implementing, and evaluating phases, (3) the feasibility of the model was assessed by three groups including, material experts, media experts, and students. The interactive learning model was categorised feasible and very feasible with average score of 97.5 and 106 from material experts and media experts respectively. Student responses obtained the model of 64% and 36% with categorised by good and very good respectively.

 

Keywords:  ADDIE, Basic and Electricity Measurement, Interactive Learning Media

 


Full Text:

DOWNLOAD


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i1.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro