PENGEMBANGAN MODUL PERENCANAAN INSTALASI LISTRIK PADA BANGUNAN GEDUNG

Dyah Ayu Kartika Sar , Djoko Laras Budiyo Taruno

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan Modul Perencanaan Instalasi Listrik pada Bangunan Gedung, (2) Mengetahui kelayakan Modul Perencanaan Instalasi Listrik pada Bangunan Gedung yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four D (4D) yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), dan (4) Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian diketahui bahwa penilaian tingkat kelayakan modul oleh ahli materi memperoleh skor 105 dari skor maksimal 132 atau 80 % dengan kategori “layak”. Penilaian tingkat kelayakan modul oleh ahli media memperoleh  skor rerata 124 dari skor maksimal 136 atau 91 % dengan kategori “sangat layak”. Penilaian respon/tanggapan pengguna meliputi aspek materi, media dan pembelajaran memperoleh skor rerata 75,3 dari skor maksimal 88 atau 86 % dengan kategori “sangat layak”.

 

Kata kunci: Pengembangan modul pembelajaran, perencanaan instalasi listrik pada banguan gedung

 

Abstract

The objectives of this research are: (1) developing the electricity installation planning modul in building construction, (2) knowing the feasibility of electric installation planning modul developed in building construction. This research is a research and development (R&D) research with four D (4D) development model which developed by S. Thiagarajan. The 4D development model consists of 4 stages: (1) define (definition), (2) design (designing), (3) develop (development), and (4) disseminate (dissemination). The results of the research showed that the feasibility rating of the module by the material experts obtained a score of 105 out of 132 or 80% and categorized as "feasible". The assessment of the feasibility level of the module by the media experts obtained an average score of 124 out of 136 or 91% and categorized as"highly feasible". The assessment of user responses included material, media and learning aspects obtained a mean score of 75.3 out of 88 or 86% and categorized as "highly feasible".

 

Keywords: Development of learning module, electrical installation planning in construction building

 


Full Text:

PDF 144-152


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i2.13797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro