PENERAPAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA

Edy Setyawan , Zamtinah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing didalam proses pembelajarannya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang ditempuh selama dua siklus.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL SMK Negeri 2 Yogyakarta berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Analisis data yang diperoleh menunjukan persentase keaktifan siswa dari siklus I sebesar 51,30 % meningkat menjadi 66,50 % pada siklus II. Model pembelajaran snowball throwing juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hasil tes pada siklus I rata-rata nilai 71,45 meningkat menjadi 75,58 pada siklus II. Pada siklus I terdapat 15 siswa atau 48,40% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang meningkat menjadi 25 siswa atau 78,12 % pada siklus II.

Kata kunci: Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Snowball Throwing

 

Abstract

This study aims to: improve students’ learning activeness and learning outcomes on Basic Electric and Electronics class with application of snowball throwing model during learning process. This research was a Classroom Action Research which data were taken in two cycles. The subjects of this study were 32 students of class X, Engineering Installation of Electrical Utilization in Vocational High School 2 Yogyakarta. The results showed that the learning model of snowball throwing improved students activeness and learning outcomes. Analysis of data obtained show that the percentage of student activeness from 51.30% in cycle I increased to 66.50% in cycle II. The learning model of snowball throwing improved student learning outcomes, the average value test results in cycle I of 71.45 increased to 75.58 in cycle II. In the first cycle, there were 15 students or 48.40% of students who reach the Minimum Passing Grade, which increased to 25 students or 78.12% in cycle II.  

Keywords: Student Learning Activity, Student Learning Outcomes, Snowball Throwing

 


Full Text:

PDF 47-53


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i1.13773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro