PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PRAKTIK PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN KELISTRIKAN

Mohammad Rifky Fajar Utomo , Toto Sukisno

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengembangkan bahan ajar labsheet pada mata kuliah praktik pemeliharaan dan perbaikan kelistrikan di Prodi D3 Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan (2) menguji kelayakan bahan ajar labsheet pada ahli materi, ahli media dan responden. Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar dengan menggunakan metode 4D Models yaitu (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan,

 

(4)     Penyebaran. Metode pengumpulan data melibatkan dua ahli materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajran. Uji kualitas produk dilakukan pada 13 mahasiswa angkatan 2015 Prodi D3 Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik analisis data untuk kelayakan bahan ajar menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil Pengembangan menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar, validasi materi memperoleh 77% dengan tingkat kelayakan Layak, validasi media memperoleh 72% dengan tingkat kelayakan Layak, Sedangkan kualitas produk dari mahasiswa memperoleh 79% dengan tingkat kelayakan Layak. Hal ini menunjukan bahwa bahan ajar praktik pemeliharaan dan perbaikan kelistrikan telah layak dan sesuai sebagai bahan ajar/labsheet praktik pemeliharaan dan perbaikan kelistrikan.

 

Kata kunci: Bahan ajar, praktik pemeliharaan dan perbaikan kelistrikan

 

Abstract

 

The purpose of this research is to : (1) develop labsheets of electrical maintenance and repair in Electrical Engineering D3 Program of State University of Yogyakarta and (2) examine the feasibility of labsheets. This research was development of teaching materials use 4D Models method that were (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Desseminate. Data collection methods involved two learning material experts and two media specialists. Product quality test conducted on 13 students of class of 2015 in D3 program Electrical Engineering State University of Yogyakarta. Data analysis techniques for the feasibility of teaching materials using qualitative descriptive analysis. Development results show that : material validation obtained 77% and classified as feasible, media validation obtained 72% and classified as feasible, while the product quality assessed by students earned 79% and classified as feasible. This indicates that teaching materials maintenance and repair of electricity has been feasible and appropriate as a learning electrical maintenance and repair.

 

Keywords: Teaching materials, electrical maintenance and repair practices


Full Text:

PDF 25-31


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i1.13767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro