PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBASIS INQUIRY LEARNING

Retno Tri Kristiyani, , Nurhening Yuniarti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran praktik Instalasi Motor Listrik yang tepat untuk kelas XI di SMK Negeri 2 Yogyakarta jurusan TIPTL; 2) mengetahui tingkat kelayakan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran praktik Instalasi Motor Listrik untuk kelas XI di SMK Negeri 2 Yogyakarta jurusan TIPTL menurut ahli materi, dan ahli media; 3) mengetahui tanggapan pengguna terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan terkait dengan peningkatan motivasi pengguna dalam mempelajari mata pelajaran praktik Instalasi Motor Listrik di kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta jurusan TIPTL. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian Research and Development (R&D), model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (Mulyatiningsih. E, 2014: 183).  Subyek penelitian adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 31 pengguna. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau ahli materi mencapai nilai rata-rata 122 dari 148 dengan presentase sebesar 82,09% termasuk dalam kategori sangat layak. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari ahli media mencapai nilai rata-rata 135 dari 148 dengan presentase sebesar 91,22% termasuk dalam kategori sangat layak. Respon pengguna meliputi aspek materi dan media dari hasil uji coba diperoleh nilai rerata 125 dari 152 dengan presentase sebesar 82,66% termasuk dalam kategori sangat layak. Pengguna menilai bahwa perangkat pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dalam mempelajari Mata Pelajaran Praktik Instalasi Motor Listrik.

 

Kata kunci: Perangkat pembelajaran, instalasi motor listrik, inquiry learning

 

Abstract

The objectives of this research are to: 1) produce suitable learning instruments of Electrical Motor Installation lab works for class XI of Vocational High School (VHS) 2 Yogyakarta majoring Installation Technique of Electric Power Utilization; 2) know the feasibility level of learning instruments in terms of material aspect and media aspect; 3) know the response of users regarding the developed learning instruments concerning to the motivation of users in learning. This research is a Research and Development (R & D), with ADDIE model developed by Dick and Carry (Mulyatiningsih E., 2014: 183). The subjects of this study were two material experts, two media experts and 31 users. According to material experts, learning instrument feasibility got an average value of 122 out of 148 (82.09%) and categorized as “highly feasible”. According to media experts, learning instrument feasibility got an average value of 135 out of 148 (91.02%) and categorized as “highly feasible”. Users response (including the material and media aspects) learning instrument feasibility got an average value 125 out of 152 (82.66%) and categorized as “highly feasible”. Users stated that learning instrument can improve motivation in studying Electrical Motor Installation Lab Works. Keywords: Learning devices, electrical motors installation, inquiry learning

Full Text:

PDF 317-324


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i4.13443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro