PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2013 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Yurike Praptiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PPL, Minat, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan menjadi Guru Profesional Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 72 mahasiswa. Uji validitas menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan PPL, minat, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional, dengan nilai Fhitung 24,264 dan nilai signifikansi 0,000 yang berarti < 0,05. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,517 atau 51,7%. Hasil ini mengindikasikan bahwa kesiapan menjadi guru dapat dijelaskan oleh variabel PPL, minat, dan prestasi belajar sebesar 51,7, sedangkan sisanya 48,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


PPL, Minat, Prestasi Belajar, Kesiapan menjadi Guru Profesional

Full Text:

PDF

References


Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjend. Pendidikan Dasar dan Menengah.

_________. 2005. Undang-Undang Nomor 14 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

¬_____________. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Murtiningsih, Yanita Janti. 2014. Pengaruh Penguasaan Materi Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan. Surakarta: UNS.

Ni’mah, Fahmi Ulin. 2014. Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus of Control Internal, Peran guru Pamong, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal. Semarang: UNNES.

Novitasari, Fitria. 2013. Pengaruh Program Pengalaman Lapangan terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS Menjadi Tenaga Pendidik. Jurnal Pendidikan. Surakarta: UNS.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_______. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun. 2014. Materi Pembekalan Pengajaran Mikro/Magang II. Yogyakarta: UNY.

Yulianto, Aditya. 2016. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru yang Profesional. Economic Education Analysis Journal. Semarang: UNNES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International